Selasa, 26 Desember 2023

Beruntung!: Manusia Berumur Pendek karena Dominasi Dinosaurus

 

Kalau dalam ilmu pengetahuan dan sains bakal kita ketahui ya gansist bahwa manusia adalah makhluk yang sudah sangat lama sekali menghuni bumi, bahkan sejak bukan dalam bentuk yang sempurna seperti sebagaimana sekarang ini.

Saat sekarang makhluk hidup yang paling mendominasi tentu saja manusia tapi ini berbalik jika keadaan jutaan tahun yang lalu, yang paling menguasai bumi ini adalah dinosaurus dan makhluk-makhluk lain selain dinosaurus seperti makhluk asal usul manusia berusaha agar tidak mengalami kepunahan akibat dimakan oleh dinosaurus.


Quote:





Dinosaurus merupakan makhluk yang sangat dominan pada masa itu. Untuk dapat bertahan hidup di bawah ancaman dinosaurus yang ganas, mamalia yang lebih kecil harus mampu bereproduksi dengan cepat. Dalam hal ini, mamalia yang dapat berkembang biak lebih cepat akan memiliki keuntungan dalam kelangsungan hidup. Sebagai hasilnya, gen untuk umur panjang mungkin telah hilang seiring dengan kemajuan evolusi.

Ahli mikrobiologi João Pedro de Magalhães menjelaskan bahwa mamalia awal tidak memerlukan informasi genetik untuk umur panjang karena mereka lebih beruntung tidak menjadi mangsa dinosaurus seperti T-rex. Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa mamalia telah berhasil mengembangkan umur yang lebih panjang. Beberapa contohnya adalah paus dan manusia yang dapat hidup hingga tiga digit.




Namun, apakah kita terbatas oleh batasan yang ditetapkan oleh nenek moyang kita yang memiliki umur pendek? Menurut de Magalhães, meskipun kita memiliki gen untuk umur yang lebih panjang, lingkungan dan gaya hidup juga mempengaruhi umur manusia. Faktor-faktor seperti pola makan, kebiasaan hidup sehat, dan lingkungan yang bersih juga memiliki peran penting dalam menentukan umur seseorang.

Meskipun penelitian ini memberikan gambaran tentang pengaruh dominasi dinosaurus terhadap umur mamalia, termasuk manusia, masih banyak yang perlu dipelajari. Kecepatan penuaan dan umur manusia sangat kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun, penelitian ini memberikan wawasan yang menarik tentang bagaimana evolusi dapat mempengaruhi umur makhluk hidup di planet ini.

Cukup beruntung ya gansist dimana kita hidup sekarang ini tidak ada hewan bernama dinosaurus yang begitu besar lagi menakutkan, bayangkan saja jika seandainya masih ada mungkin selain bereproduksi sangat cepat mungkin juga umur manusia hanya waktu 1 hari seperti lalat capung. Salah satu hewan yang hidupnya paling singkat, sekarang bisa begitu bebas melihat indahnya dunia tapi besoknya sudah tiada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar